Cerita Pendek, BBC radio 2, 500 Kata

Sepertinya ini memang salah saya. Saat membaca buku atau sebuah cerita saya tak henti menebak akhirnya. Tapi ketika akhirnya saya baca dan tamatnya sesuai dengan dugaan saya, yang saya rasakan adalah kecewa.

Tentu saja saya selalu menghargai cerita yang ditulis dengan gaya bahasa dan pilihan-pilihan kata yang dalam satu sisi diluar dari umum tapi di sisi lain pas dalam penggunaannya. Karakter-karater yang memiliki 3 dimensi, tidak hanya hitam dan putih, cerita – cerita yang memperkenalkan dunia baru dalam apapun bentuknya, pun selalu membuat saya kagum.

image

Sejujurnya saya adalah salah satu orang yang tidak bisa menulis, dan mengagumi siapapun yang bisa menulis. Menurut saya mereka hebat.
Tapi jika cerita pendek dalam dua paragraf dapat saya tebak akhirnya, tetap kecewa.

Setelah membaca dua buku kumpulan cerita pendek bahasa Indonesia, beberapa cerita bisa saya tebak, jadi ya itu tadi.

Walau orang bilang menulis 10,000 kata itu sulit, kalau menurut saya menulis cerita pendek berbobot lebih sulit. Kenapa? Karena susah untuk mengambarkan dengan detail perasaan, situasi ataupun membangun sebuah karakter dengan hanya beberapa kata. Mengedit pun salah satu hal tersulit, killing your darlings istilahnya.

Intinya, walau kecewa saya tetap kagum.

Tapi kenapa tulisan ini dalam bahasa Indonesia?

Karena buku-buku tersebut mengingatkan saya pada kompetisi tahunan 500 kata dari BBC radio 2. Yang di populerkan oleh Chris Evans morning drive time.

image

Di UK, BBC itu kanal tanpa iklan. Dibiayai oleh pajak rakyat, hasilnya, mutu dan isi tidak dikendalikan oleh perusahaan besar dan tidak pula oleh pemerintah.

Radio BBC 1 sampai 6 berbeda2 isi dan audiencenya. Kalau BBC 1 adalah untuk anak2 muda yang ‘cutting edge’, BBC 2 adalah untuk masyarakat setengah baya – middle age, tentunya adalah saya. Hahaha. BBC 3 itu isinya musik-musik internasional sedangkan BBC radio 4 konsentrasinya dalam diskusi2 sospol dan soal seni (literatur sampai seni rupa) dalam berbagai bentuk. Dan seterusnya.

image

Kembali ke kompetisi 500 words. Kerennya adalah kompetisi ini untuk anak2 dibawah umur 13. Pemenang dari cerita-cerita hanya 500 kata ini benar-benar mengagumkan, apalagi katagori anak dibawah 9 tahun.

Cerita-ceritanya banyak yang indah, lucu dan sangat sering tidak bisa ditebak.

Cekidot… kalau kata orang2

Ini dua dari berbagai cerita yang saya suka. Kalau bisa nonton atau dengar versi yang dibacakan, kalau menurut saya lebih asyik.

Pemenang emas – umur 9
‘Fight for Life’ by Sofia Zambuto – dibacakan
‘Fight for Life’ by Sofia Zambuto – tulisan

Pemenang perak tahun lalu – umur 12

‘Diary of a Minotaur’ by Nicholas Lockhart – dibacakan

‘Diary of a Minotaur’ by Nicholas Lockhart – tulisan

Bagaimana menurut kalian cerita cerita ini?

Punya cerita pendek yang kamu suka?

Suka seperti saya kah mencoba menebak akhir cerita?

Note:Semua gambar disini karya milik BBC2