Rambling – Cerita kehidupan di Inggris

Terakhir pulang ke Indonesia, saya bercerita kepada teman saya kalau saya suka Rambling.Waktu dia berkata ‘apa itu rambling?’ ‘Itu loh yang di lakukan Ramblers, kan banyak di UK orang ramblers” tentunya ini jawaban yang paling jernih, yah kan? Hahahaha! Untung temanku itu orangnya sabar dan terus bertanya.

image

Maklum lah kalau saya sudah berkicau, kebanyakan kicauan saya itu seperti orang mabuk, tidak ada tata bahasa yang jelas. Terkadang saya pikir, ini karena otak dan mulut tidak sinkron. Biasanya otak saya duluan dari mulut, saking cepatnya, terkadang sampai lupa apakah kalimat kedua sudah diucapkan sebelum kalimat ketiga? Sepertinya sama kejadiannya dengan menulis, terkadang saat baca ulang saya pikir begini ‘ loh kok ilang satu kata ditengah? Bukannya tadi ini sudah diketik?

Anyway, kembali ke pembahasan soal rambling. Yang pada dasarnya, berjalan kaki yang melintasi berbagai medan, padang, hutan, ladang, tepi pantai dan lain sebagainya. Bukan hanya hiking seperti di Indonesia, yang hampir selalu tujuannya naikย  gunung atau kemping. Tapi jalan berkilo-kilo, kadang perjalananya melingkar hingga kembali ke awal perjalanan.

image

Nah kegiatan berjalan kaki ini di promosikan oleh organisasi yang namanya Ramblers. Organisasi tanpa profit ini juga memperjuangkan hak orang untuk berjalan kaki di ladang-ladang dengan bebas. Jadi, para petani yang memiliki ladang diharuskan menyediakan jalan setapak yang harus mereka rawat juga, sehingga memudahkan orang berjalan.

Organisasi ini juga memastikan supaya pada rute-rute ini memiliki penanda – penanda jalan. Seperti ini.

image

image

Jalan-jalan setapak ini berhubungan satu sama lain. Jalannya bisa dari satu ujung negara ini ke ujung lain, beberapa jalan yang terkenal adalah South West Coast Path, Hadrian’s Wall National Path, Cotswold Way. Di setiap area ada rute jalan-jalan yang lebih pendek tentunya.

Lalu bagaimana orang mengetahui rute jalan kaki ini? Peta. Yang namanya Ordnance Survey Map. Setiap area ada petanya, tentunya jika ingin serius sekarang para ramblers ini menggunakan GPS.

Selain jalan kaki para ramblers ini mengerjakan hal apa lagi? Kebanyakan sih mereka hanya jalan kaki. Melihat alam sekeliling dan menghirup udara segar sembari jalan kaki. Oia mereka tidak melakukan hanya pada musim panas, segala cuaca. Setiap daerah atau kota biasanya ada grup-grup yang jalan setiap hari minggu atau sabtu, jadi jalannya rame – rame. Tapi ada juga yang jalan sambil mengamati burung – burung, bunga – bunga, atau juga sambil scavenging alias memetik tumbuh-tumbuhan liar yang bisa dimakan. Seperti blackberries, apel liar atau bulan – bulan musim gugur itu mencari jamur – jamuran.

image

Tentunya tahap – tahap rambling dari mudah hingga serius pun ada, tergantung medan dan jarak. Di Inggris ada perusahaan yang menyediakan wisata jalan kaki, namanya Ramblers Holiday. Mereka ini bisa wisata dalam negeri dan keluar negeri juga.

Di Indonesia wisata ini pasti gak laku, hahaha! Kebanyakan orang manja naik mobil yah?

Bagaimana dengan kamu? Tertarik jalan kaki di Inggris?