Nonton Konser: yang pertama, yang terseru, yang aneh, …

Salah satu kegemaran saya adalah nonton konser. Tapi kenapa kok gak pernah dibahas diblog ini? Hmm karena kalau lagi konser, males konsentrasi ambil foto2 atau video. Jadi hasilnya selalu Meh. Ini beberapa foto yg sempet diambil di konser2 tersebut. Kayaknya gimana gituu.. dalam satu pihak pengen foto dalam pihak lain, saya merasa kehilangan waktu menikmati konser itu. Lagian, nonton konser Live itu efeknya beda banget dari nonton di TV/videonya, sama dengan jalan-jalan, lihat pemandangan dan merasakan keaadaan sekitar dengan melihat foto kan beda. Bisa dirasakan udara, suasana dan suara yang menjadikan pengalaman kita lebih utuh. Yah kan?

Konser pertama saya adalah Take That kalau gak salah tahun 1994 di Jakarta, waktu itu tidak mau mengakui kalau suka Take That. Maklum masih muda, jadi supaya terlihat cool, tidak mengakui suka boyband. Ini konser band ternama yah, kalau konser teman-teman yang ngeband sih sering. Kerjaan keluar masuk ruang latihan band.

Tinggal di luar negeri makin sering nonton konser, karena mudah dan murah meriah. Konser terakhir yang saya tonton adalah Florence and the Machine. Itu benar-benar salah satu konser yang energetic yang pernah saya alami. Penampilan Florence dengan gayanya berlarian tanpa alas kaki diatas panggung, dengan gaya dari tahun 70’an tetapi dengan energi seseorang berumur 14 tahun. Tak kenal lelah. Suaranya yang unik dan kuat sepertinya mengundang semua penonton untuk berjingkat-jingkat.

image

Konser paling aneh adalah menonton Lady Gaga di Vienna, juga menonton Pet Shop Boys di Athena, Yunani. Yang pertama karena Lady Gaga semacam mengalami break down saat pertunjukan dan juga lagu-lagunya semangkin aneh. Tapi memang, kostum, pentas dan suara Lady Gaga itu mengagumkan. Pet Shop Boys, sebenarnya konsernya asyik dan lucu, tetapi mungkin suasana dan keanehan sistem nonton di Yunani yang bikin aneh.

image

Hampir lupa, walau sebagian besar konser Morissey yang saya tonton menyenangkan, boleh dibilang 90% , kecuali ketika beliau membawakan  1 lagu yang membuat saya trauma selama beberapa hari sesudah konser. Lagu ini judulnya ‘Meat is Murder’ yang disertai oleh penampilan video-video dimana hewan-hewan diperlakukan dengan tidak baik sebelum dibunuh untuk kita makan. Errh, bergidik deh pokoknya. Untungnya ingatan saya sangat pendek, jadi hanya kena trauma beberapa hari saja.  Katanya memanage konser Morissey adalah hal yang paling tersulit karena permintaan-permintaan yang tidak masuk akal. Misalnya tidak boleh ada satu pun makanan yang mengandung daging atau hewani di tempat dia manggung, termasuk para pegawai tempat, tidak boleh bawa makan siang yang mengandung daging.???

Konser yang mengecewakan buat saya adalah nonton Fleetwood Mac. Mungkin karena saya suka sekali dengan band ini jadi expetasi saya pun tinggi.Pertama karena harus duduk, jauh banget dari pentas, kedua karena mereka udah lama gak manggung mungkin, suaranya semacam gak sinkron dengan musik dsb. Ketiga didepan ada sesama penonton yang dalam keseluruhan waktu selfie2an, ngobrol, pokoknya gak menikmati konser deh. Jadi mengganggu sekali.

image

Band yang saya mau nonton lagi kalau ada manggung adalah The Killers, sama dengan Florence, penampilan Brandon Flower juga energetic yang membuat konser pengalaman yang sangat seru. Setelah konser-konser ini saya basah dengan keringat saking kebanyakan berlompat-lompat. Band yang saya sudah nonton beberapa kali adalah Muse dan Coldplay, semua konser mereka baru dan berbeda, sehingga tidak menyesal nonton mereka beberapa kali.

Konser yang akan saya tonton selanjutnya adalah Mumford and Sons. Bagaimana dengan kalian? Apakah konser pertama kalian, konser paling aneh, band apa yang bakal kalian tonton lagi kalau ada kesempatan? Atau band apa yang pengen banget kamu tonton konsernya?