Humor dan Komedi di Inggris

Dulu kakak saya sempat menyamakan saya dengan karakter Daria . Katanya, inti kesamaan saya dengan karakter-karakter ini adalah perkataan saya yang penuh dengan ‘celaan menyayat dan sarkastik’, dan bahkan terkadang untuk ukuran Indonesia sadis. Sedangkan dalam batin saya inginnya disamakan dengan Rory dari Gillmore Girls, yang komentar-komentarnya pintar, bahkan dalam menyela pun terlihat keren, cantik dsb, tentunya itu hanya angan-angan belaka.

image

Makanya ketika saya tiba di Inggris saya merasa ‘at home’ dengan komedi dan humor disini. Jangan kalian pikir maksud saya dalam Komedi Inggris adalah Mr Bean, yang mengandalkan slapstick dan humor tanpa dialog. Memang, Humor Inggris tidak lepas dari slapstik, ataupun plesetan dan Innuendo (maaf terjemahan bahasa Indonesia : ucapan tidak langsung, sepertinya kurang cocok digunakan disini). Dan bukan juga, saya tidak menghargai sedikit Slapstick dan Childish jokes (Contoh Miranda) , namun sisi humor yang membuat saya merasa ‘at home’ adalah dialog – dialog dan script pintar, yang mencela dengan menggunakan sarkasme dan ironi, (Sekali lagi bukan Ironi yang di gambarkan oleh Alanis Morissette, tapi arti Ironi yang sesungguhnya). Istilah Inggrisnya: Wry Sense of Humor.

Dan yang paling saya lebih jatuh cinta dengan humor Inggris adalah, kebebasan untuk menyampaikan celaan dan kedewasaan orang dalam menerimanya, yang terkadang bahkan langsung mencela diri sendiri, ‘Self Depricating’.

Misalnya tiga seri komedi yang saya sukai adalah The Thick of It, Twenty Twelve dan W1A. Nah kalau di Indonesia ketiga seri ini tidak akan terjadi, kenapa?

Serial The Thick of it adalah komedi yang mencela pemerintah saat itu, kebodohan-kebodohan yang dilakukan mereka, kekotoran keahlian seorang politisi mempermainkan media, yang cuman sedikit berbeda dengan kejadian-kejadian yang terjadi di pemerintah saat itu. Karakter favourite saya adalah Malcolm Tucker, dimainkan oleh Peter Capaldi, sumpah serapah yang sangat menusuk tapi ‘cantik’ , kalau menurut saya. Kalau menurut banyak orang karakter ini di dasarkan akan Alastair Campbell yang adalah semacam Penasihat Pemerintah, salah satu tokoh politik penting dan ternama. Kalau di Indonesia, tidak mungkin konsep komedi yang sama seperti itu masuk TVRI yang sesungguhnya seperti BBCnya Indonesia. Ya kan?

Sama dengan Twenty Twelve ini seri mengkritik dengan humor dewan pelaksana Olimpiade 2012 di London.

image

Sedangkan W1A komedi yang mengkritik BBC! Diproduksi, ditayangkan dan didanai oleh BBC. Dan mereka tidak tanggung-tanggung menunjukan sample kebodohan-kebodohan yang terjadi di BBC sendiri.

Dalam kedua seri ini saya paling suka adalah karakter Siobhan Sharpe, Direktur Marketing Agency, yang panitia kontrakan untuk melalukan branding dan komunikasi. Ini karena saya kerja di bidang marketing, dan mengenal orang-orang yang berprilaku dan bertindak mirip karakter ini.

Humor dan kedewasaan menerima kritik ini juga seperti ini pun tidak berhenti hanya disitu. Ada sebuah acara panel kuis yang namanya ‘Have I got News For You’ nah ini acara intinya membahas hal-hal yang menjadi berita pada minggu itu didalam ironi dan dibikin lucu-lucuan. Walau pun bentuknya kuis, tapi pemain tidak memenangkan apa-apa, (banyak acara seperti ini). Nah, dalam HIGNFY terkadang didalam panel ada politisi-politisi yang di undang untuk ikutan. Tak jarang para politisi ini dicela habis-habisan oleh panel, walau sempat ada beberapa kali walk out, tapi kebanyakan para politisi santai-santai saja menerima kritik berat disaksikan banyak orang. Dan juga para panel tentunya tak lepas mencela satu sama lain.

Bagaimana menurut kalian, mungkin tidak dilakukan di Indonesia konsep konsep seperti ini? Misalnya: Bisa tidak kita mengundang Ridwan Kamil atau pejabat lainnya, untuk menghadiri sesuatu seperti ini, dimana dia tidak akan luput dari bulan2an seperti walikota Boris Johnson (yang lulusan Oxford dan katanya ada kemungkinan menjadi calon Prime Ministernya UK)? Tanpa ada yang tersinggung?

Nah, bagaimana dengan kalian? Komedi atau humor macam apa yang kalian suka? Ada tidak seri-seri TV yang kalian suka?

Pics:BBC dan Wikipedia